Search This Blog

Fakta-Fakta Menarik tentang Turkey

Sering saya mengatakan bahwa Turkey sebuah negara yang berada di 2 benua tersebut merupakan tempat awal mula peradaban terjadi. Banyak sekali sejarah besar terjadi di sini. Taukah anda walaupun saat ini mayoritas beragama Muslim akan tetapi dahulu kala banyak sekali sejarah ke-Kristen-an terjadi di negara ini. Berikut saya rangkumkan Fakta-fakta menarik yang ada di Turkey ataupun yang pernah terjadi dulunya:

1. Istanbul adalah satu-satunya negara di dunia yang dibangun di 2 Benua.

2. Turkey dikenal dengan 1 di antara 3 makanan paling terkenal dan istimewa di dunia. 

3. Pernahkah anda mendengar tentang Trojan Wars. Yang pernah difilmkan di layar lebardan dimainkan oleh Brad Pitt berjudul Troy. Ini memang terjadi di belahan barat Turkey.

4. Gereja pertama yang dibangun oleh manusia (Gereja St Peter) adalah di Antioch, Turkey

5. Pemukiman manusia tertua di dunia di Catalhoyuk, Turkey ( Millenium ke 7 Sebelum Masehi)

6. St. Nicholas atau yang kita kenal dengan Sinterklas lahir di Patara dan menjadi Uskup di Demre, di bagian Mediterranean, Turkey

7. Ephesus dan Halicarnasus merupakan 2 dari 7 kejaiban dunia. Keduanya masih ada di Turkey.

8. Bahtera Nabi Nuh mendarat di Gunung Ararat (Agri Dagi) di bagian timur Turkey.

9.  Makanan terakhir Nabi Nuh adalah puding asam manis (asure), hingga saat ini masih disajikan di Turkey.

10. Turkey negara yang memperkenalkan kopi ke Eropa dan memberikan Tulip kepada Belanda.

11. Konsili Ekumenis Gereja pertama kali di Turkey.

12. Menulis pertama kali digunakan oleh orang jaman purba di Anatolia dan piringan tanah liat pertama berada di reruntuhan Assyrian 1950 Sebelum Masehi

13. Julius Caesar mengutarakan “Veni, Vidi, Vici (Saya datang, Saya lihat< saya menang)” di bagian Black Sea Turkey waktu ia mengalahkan Pontus.

14. Nama-nama besar dalam sejarah seperti Homer (penulis puisi), Raja Midas, Herodotus (Bapak sejarah) dan Santo Paulus lahir di Analtolis, Turkey.

15. Turkey memiliki ratusan pantai dengan “Blue Flag” (Penghargaan air terbersih Eropa” di area Mediterranean dan Aegean.

16. Alexander the Great menemukan dan memotong simpul Gordian di Ankara (ibukota Turkey), yang hingga saat ini simpul Gordian merupakan teknik dasar untuk membuat karpet Turkey.

17. Turkey sangat kaya akan keanekaragaman tanaman. Jumlah jenis bunga di Turkey sekitar 9.000 dan 3.000 di antaranya endemik atau hanya dapat hidup di musim tertentu. Sedangkan di seluruh dataran Eropa terdapat 11.500 jenis Bunga.

18. Istanbul memiliki stasiun bersejarah yakni Sirkeci. Ini merupakan pemberhentian terakhir “Orient Express”  yang menghubungkan antara Paris dan Constantinople dari 1883-1977. Agatha Christie merupakan salah satu penumpang di kereta terkenal tersebut.

19. Berdasarkan survey tahun 2000, terdapat 9000 jenis burung di dunia dan 453nya berada di Turkey..

20. Cherry diperkenalkan pertama kali di Giresun (bagian utara Turkey.

21. Orang-orang Hitite menjual gua kepada Abraham di mana tempat ia mengubur istrinya Sarah, Ketika Bangsa Israel dapang ke Palestina.

22. Gereja pertama yang didedikasikan untuk Bunda Maria berada di Ephesus.

23. Perjanjian pertama di dunia merupakan perjanjian Kadesh antara kerajaan Hitite dan Mesir.

24. Tulisan Neolithic manusia di dinding pertama ditemukan di Catalhoyuk, Turkey 

25. Yang terakhir dan paling menarik, Berdasarkan Kitab Kejadian, bahwa Taman Eden dialiri oleh 2 sungai yang terpisah menjadi 4 aliran yang meninggalkan taman. 2 diantaranya di Tigris (Dicle) dan Eupharates (Firat) Muncul dari gunung di bagian timur Turkey.


Sangat menarik bukan??? Banyak hal yang kita tidak pernah tau sebelumnya dan terjadi. Dan untuk info bahwa saat ini Turkey menerapkan Visa On Arrival untuk berkunjung ke negaranya sehingga memudahkan kita untuk mengunjungi negara tersebut. Sangat menarik mengunjungi Negara tersebut untuk mendapatkan pemandangan kota kuno, pemandangan alam hingga kota modern.

DITULIS OLEH:
MICHAEL TX TRAVEL

No comments:

Post a Comment