Search This Blog

DESTINASI WISATA DI MALANG DAN SURAMADU YANG WAJIB DIKUNJUNGI #MYDREAMDESTINATION

DESTINASI WISATA DI MALANG DAN SURAMADU YANG WAJIB DIKUNJUNGI #MYDREAMDESTINATION

Pemenang Kompetisi Travel Blog destinasi Malang dan Suramadu
Rizwan Hasim
Desa Sesaot Kec.Narmada-Lombok Barat-NTB
Follow Twitter @TX_TRAVEL untuk informasi seputar traveling, tips, dan paket tour
Kalau bicara tentang malang dan surmadu maah tidak ada habisnya, karena destinasi wisata di dua tempat ini sangat banyak sekali. saya pun bingung mau posting yang mana. mau yang tempat itu, malah ada yang lebih keren, pas milih tempat itu pula, eeh ada juga yang lebih-lebih dari keren. Pokoknya tidak rugi deeh. Berikut ini beberapa ulasan saya mengenai tempat-tempat wisata terpopuler di malang dan suramadu yang wajid dikunjungi.

DESTINASI WISATA MALANG
Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Malang ini juga kota yang unik, bagaimana tidak? Kota Malang memilki hawa yang sejuk, sehingga kota ini memiliki suasana seperti di Bandung dan memang kedua kota ini "katanya" dirancang Belanda untuk kota resort kolonial. Kota Malang juga sebagai kota pendidikan seperti Jogja, dimana banyak PT (Perguruan Tinggi) bermutu dan berkualitas. Biaya hidup disanapun relatif rendah. Meskipun bukan ibukota, namun jika dilihat kota ini merupakan kota yang cukup besar. Nah, buat kamu yang pengen maen, travel, tour atau semacamnya ke Malang, gak perlu bingung mau kemana, karena berikut saya akan berbagi info mengenai tempat-tempat yang menjadi destinasi wisata terpopuler (versi saya) dikota tersebut.

1. JATIM PARK 1
Jawa Timur Park 1 atau yang biasa disebut Jatim Park 1 merupakan salah satu tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur Indonesia. Obyek wisata ini berada sekitar 20 km dari arah barat Kota Malang, dan kini menjadi salah satu icon wisata terkenal di daerah Malang bahkan Se-Jawa Timur.
Obyek wisata ini memiliki lebih dari 50 wahana yang seru dan tentunya menarik, diantaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Mpu Gandring, Ken Arok, dan Ken Dedes), spinning coaster, drop zone, jet cooster, dan masih banyak wahana lainnya yang patut dicoba.
Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian diantaranya adalah Volcano, Galeri Nusantara Science Center Kimia & Biologi, Outdoor Science Center, Amazing Human Body, Anjungan Jatim & Irian Jaya, diorama binatang langka, sains dan miniatur candi-candi dll.
Dengan memadukan secara serasi konsep pendidikan (Education) dan konsep pariwisata (Tourism) membuat objek wisata yang satu ini menjadi primadona wisata di Kota Batu. Telah terbukti bahwa Jawa Timur Park 1 merupakan objek wisata yang tidak hanya untuk objek liburan keluarga saja, namun juga menjadi tempat belajar bersama di wahana pendidikan yang telah disediakan.

 2. PANTAI GOA CHINA
Terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Lokasi ini berjarak 60 km ke arah selatan dari kota Malang. Kurang lebih 2 jam perjalanan. Pantai Goa Cina merupakan salah satu pantai yang ada di deretan Laut Selatan. Berdekatan dengan Pantai Bajul Mati.
Garis pantai Goa Cina cukup beragam, ada yang berpasir putih, ada yang karang dangkal dan ada pula yang curam. Konon ceritanya, pantai ini ditemukan pertama kali oleh pertapa China pada tahun 1950 . Oleh karena itu dinamakan Pantai Goa Cina. Karena disalah satu tebing terdapat sebuah gua. Cukup menarik, sebuah gua di dalam bukit karang, dengan ukiran stalagtit-stalagtit kecil di atapnya dan meneteskan air.
Menjelang siang, air laut mulai surut. Ada yang menarik di sini. Kita bisa berjalan di hamparan karang-karang. Kadang di kubangan karang tersebut kita bisa menemukan biota laut seperti, bintang laut, belut laut, ikan badut, ikan kembung, teripang, gurita, keong dengan rumahnya yang warna-warni, bulu babi yang bersembunyi di sela-sela karang. Menakjubkan.
Sebuah suguhan yang sangat indah, deburan ombak yang menghantam karang sangat menakjubkan. Air yang jernih, berwarna hijau kebiru-biruan dan pasir putih. Tapi kalau mau menceburkan di air, lebih berhati-hati saja dikarenakan ombak cukup besar.
Akses untuk bisa sampai di Goa Cina tidaklah begitu susah, Kita akan melewati jalanan yang belum mulus. Batu-batu disepanjang jalan membuat kendaraan bergoyang-goyang. Tapi itu akan terbayarkan ketika kaki sudah menapakkan di Pantai Gua Cina dan memandang sekitar dengan takjub.

3. AIR TERJUN COBAN RANDO
Objek Wisata Air Terjun Coban Rondo berada di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Sekitar 30 km arah barat laut pusat Kota Malang dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Kawasan wisata Air Terjun Coban Rondo ini sangat mudah ditempuh karena jalan menuju lokasi ini sudah beraspal. Namun jalannya agak berkelok-kelok dan mendaki, maklum namanya juga di pegunungan.
Air Terjun Coban Rondo berada pada ketinggian 1.135 meter dpl, tinggi air terjun ini sendiri mencapai 84 meter. Air terjun Coban Rondo ini berasal dari mata air Cemoro Dudo yang bisa menyalurkan air sebanyak 150 liter/detik, namun pada musim kemarau hanya 90 liter/detik. Objek wisata ini pertama kali dibuka pada tahun 1980 dan merupakan bagian dari Perum Perhutani Malang. Selain sebagai objek wisata air terjun, air di sini juga dimanfaatkan sebagai sumber air PDAM untuk masyarakat Pujon.

4. JATIM PARK 2
Jawa Timur Park 2 atau biasa disingkat Jatim Park 2 terletak di Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur pada ketinggian sekitar 1.000 mdpl, dengan suhu udara rata-rata 15°-19° Celsius. Taman ini dikelilingi oleh gunung Arjuna, gunung Banyak, dan Bukit Panderman, sehingga memiliki pemandangan yang indah. Letaknya juga mudah dijangkau. Dalam keadaan jalanan normal dan tidak macet, hanya sekitar 30 menit dari Kota Malang, 90 menit dari Bandara Juanda Surabaya, dan 10 menit dari wisata Jatim Park 1.
Dengan luas sekitar 14 hektar, tempat ini menawarkan lebih banyak fasilitas. Sesuai dengan motonya ‘Pembelajaran Satwa dan Rekreasi’, tempat ini tidak hanya sekedar tempat hiburan tapi juga sarana pendidikan yang menyenangkan. Sebuah tempat wisata yang cukup lengkap. Terbagi dalam tiga area, yaitu Museum Satwa, Hotel Pohon Inn, dan Batu Screet Zoo.
Meskipun disebut museum, Museum Satwa di Jatim Park 2 ini tidak seperti museum kebanyakan yang membosankan dan tidak menarik. Museum ini ditata dengan sangat menarik. Dilengkapi dengan lebih dari 80 diorama binatang dan habitatnya dari berbagai penjuru dunia. Koleksinya berupa replika dan awetan hewan yang tidak didapat dengan berburu, melainkan dari binatang yang sudah mati. Beberapa koleksi yang ada antara lain replika dinosaurus, binatang purba, ribuan serangga, ikan, binatang kutup, padang pasir, dan banyak lagi lainnya. Museum Satwa adalah fasilitas yang pertama ada, lebih dulu daripada Batu Secreet Zoo.
Batu Screet Zoo adalah area terluas, terlengkap, dan terbaru. Sesuai namanya, bagian terluas area ini adalah kebun binatang. Walaupun kebanyakan binatang ditempatkan dalam kandang, tapi kandang-kandang tersebut dibangun dan ditata dengan sangat baik. Dan yang paling menarik adalah koleksi satwa yang dimilikinya, sangat banyak sekali. Tidak hanya satwa dari Indonesia, tapi banyak sekali satwa dari luar negeri, seperti dari Tibet, Amerika, Afrika, Australia, negara-negera Asia dan lainnya. Satwa-satwa itu dikelompokkan dan ditempatkan sesuai jenis dan habitatnya. Ada area khusus untuk primata, burung, unggas, reptil, ikan, hewan-hewan Afrika, pengerat, kucing besar, harimau singa, dan lain sebagainya.
Burung-burung besar yang tidak dapat terbang dimasukkan dalam kandang, sementara burung-burung kecil yang bisa terbang dibiarkan lepas.
Kolam Flaminggo
Tidak seperti kebanyakan kebun binatang lainnya, hewan-hewan disini terlihat cukup sehat dan terawat. Dari bentuk fisiknya yang tegap, segar, dan gemuk. Kelihatan para hewan ini diberi makananan yang cukup sehat dan bergizi, serta mendapat perlakuan yang baik. ke-Mungkinan saja karena kebun binatang ini relatif baru, dan kebanyakan penghuninya adalah penghuni generasi pertama. Satwa-satwa disini masih terlihat cukup ‘bersemangat’ menyambut banyaknya pengunjung yang datang.
Ada juga tempat yang cocok untuk rekreasi keluarga yaitu taman warna warni
kolam renang
Hotel Pohon Inn. Bagi yang ingin meginap, disediakan juga hotel. Tiker terusa dan cendermata juga dapat dibeli disana.

5. BATU NIGHT SPECTACULAR
Pada malam hari kita bisa menikmati suguhan wisata paling spektakuler di Jawa Timur di Batu Night Spectacular (BNS) tempatnya. Obyek wisata yang berlokasi di Desa Oro-oro Ombo ini menyajikan aneka wahana yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Ada puluhan wahana yang tidak bisa dilupakan setelah menikmatinya, seperti; galeri hantu, slalom tes, sepeda udara tertinggi, lampion garden, dan trampoline. Di obyek wisata ini kita juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana seperti drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain.

6. PANTAI SENDANG BIRU
Terletak sekitar 69 km di sebelah selatan kota Malang, Pantai Sendang Biru menjadi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Meskipun menghadap Samudera Hindia yang terkenal akan keganasan ombaknya, pantai ini tergolong aman untuk berenang karena hampir-hampir tidak ada ombak. Ini semua berkat Pulau Sempu yang menghalangi ombak sekaligus menjadi destinasi wisata di Pantai Sendang Biru.

7. PULAU SEMPU
Pulau Sempu terletak di sebelah selatan Pantai Sendang Biru Kab. Malang. Dari kota Malang jarak tempuhnya kurang lebih 75 km, sekitar 2 jam perjalanan dari kota Malang. Pulau Sempu memiliki daya tarik tersendiri bagi touris domestik maupun mancanegara karena Pulau Sempu masih sangat alami dengan keindahan alamnya yang sangat angggun dan menawan.
Pulau Sempu yang berdekatan dengan Samudera Hindia juga memberikan nilai plus karena kita bisa melihat langsung keindahan Samudera Hindia dan ikan Lumba-lumba khas Samudera Hindia yang berada di balik tebing Pulau Sempu.

8. KUSUMA AGROWISATA
Kebun Buah Kusuma Agrowisata adalah salah satu wisata yang identik dengan panorama kehijauan dan kesegaran. Kalau memetik buah jeruk atau apel di kebun, mungkin sudah biasa. Tetapi, memetik buah apel di lokasi argowisata dalam suasana pegunungan yang sejuk mungkin akan menjadi pengalaman yang tidak biasa. Jika Anda berniat untuk menghabiskan akhir pekan di Kota Batu, Jawa Timur, cobalah untuk mampir ke Kusuma Agrowisata. Lokasinya berada di Jalan Abdul Gani Atas, hanya sekitar 2,5 km dari pusat Kota Batu. Di kawasan yang sejuk ini Anda bisa berkeliling kebun apel yang berada di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl.

DESTINASI WISATA SURAMADU
Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Ada banya destinasi wisata yang wajib disinggahi di suramadu (madura) selain jembatannya yang megah, panjang nan-indah. Salah satunya sebagai berikut:

1. PANTAI RONGKANG
Pantai rongkang merupakan salah satu tempat wisata di Bangkalan, terletak di desa Kwanyar, di kecamatan yang sama, sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum.
Lokasi pantai yang masih alami, dengan pepohonan dan bebatuan di sekitar pantai membuat obyek wisata ini mejadi lokasi yang sering dikunjungi, tapi juga masih belum terlalu ramai, sehingga cocok dijadikan obyek wisata yang tenang dan nyaman.

2. TAMAN REKREASI KOTA
Taman ibu kota di bangkalan ini sangat sejuk, hingga membuat orang yang berkunjung malas untuk beranjak. di sana kita dapat menjumpai berbagai wahana permainan anak dari ayunan, hingga sepeda air untuk menciptakan nuansa mengarungi pulau madura. Disana juga terdapat kolam pancing bagi yang memiliki hobi memancing ikan dan ditaman ini juga terdapat kolam renang yang luas dan bersih untuk dijadikan sebagai tempat berenang. Posisi taman kota ini, berada di pusat kota Bangkalan. Tepatnya dibelakang stadion Bangkalan.

DESTINASI WISATA KULINER DI MALANG DAN SURAMADU
Setelah membahas destinasi wisata di malang dan suramadu yang wajib dikunjungi, belum lengkap rasanya kalau tidak membahas destinasi wisata kuliner di kedua tempat ini untuk disinggahi dan dicicipi. Ini niih informasi yang "menurut saya" paling ditunggung-tunggu para kulinary (wisatawan kuliner). Karena selain terkenal dengan banyaknya destinasi wisata yang wajib dikunjung, Malang dan suramadu juga sangat popular dengan destinasi wisata kuliner yang menarik untuk disinggahi. Berikut ini beberapa tempat yang bisa anda disinggahi untuk dicicpi kelezatan khas kulinernya masing-masing, sekalian menghilangkan rasa lelah dan mengisi energi kembali setelah "mungkin" berkunjung ke berbagai tempat destinasi yang ada di daerah tersebut.

DESTINASI WISATA KULINER MALANG
1.Restoran Kuno di Pandaan
Restoran ini memiliki tema tempo dulu atau bernuansa jaman dahulu. Nuansa jaman dulu ini bisa kita rasakan sejak kita memasuki ruangan ini, bahkan ketika melihat desain bagian luar restoran saja kita sudah bisa melihat nuansa jaman dahulu yang diusung oleh restoran ini.
mulai dari desain ruangan, banyak gambar serta tulisan yang dibuat dengan cara penulisan jaman dulu. bahkan tidak hanya pada tulisan di tembok-tembok, tetapi juga pada buku menu yang berisi kumpulan menu-menu yang dapat kita pesan.

2.Warung Bethania
Warung bethania terletak di Jl. Diponegoro 103, Sebuah tempat makan yang sudah lama populer di kota Batu. Tempatnya didesain unik, seperti kita berada di dalam gua dengan pernak-pernik alami.
Mencicipi lele goreng bumbu rujak dengan sambal apel yang khas. Sayur pedas tahu-tempe-nya sederhana tetapi mak nyuss! Mirip lodeh dengan tingkat kegurihan yang cantik. Terasa seperti hidangan rumahan yang istimewa dan membuat kita selalu merindukannya.


3. Kedai Apel Kusuma Agrowisata
Selain coffee shop yang berada di fasilitas hotel Kusuma Agrowisata, tempat ini juga memiliki dua tempat makan yang dibuka untuk umum, yaitu Kedai Apel di kawasan kebun apel, dan Kedai Strawberry di kawasan kebun strawberry. Mencicipi nasi goreng apel – tentu saja memakai irisan apel segar – dan apple juice. Apple pie-nya juga renyah. mantabs.. ingin segera mencicipi kelezatannya.. Kedai apel kusuma agrowisatan ini terletak di Jl.Abdul Gani Atas, kota Batu.

DESTINASI WISATA KULINER DI SURAMADU (MADURA)
1.Bebek Sinjay Madura
Madura.. Apa yang terlintas dipikiran anda jika memikirkan kuliner khas Madura? Tentu akan sangat lekat dengan sate ayam. Ya, Madura pulau kecil di sebelah timur kota Surabaya ini sangat identik dengan sate ayam. Maklumlah hampir semua pedagang sate ayam (khususnya di Jawa) berasal dari Madura. Namun, anda salah besar jika datang ke pulau Madura hanya untuk menikmati sate ayam saja. Karena ternyata Pulau Madura juga sangat terkenal dengan kuliner bebeknya.

Salah satu bebek yang terkenal di pulau Madura adalah Bebek Sinjay. Selintas terdengar Bebek Sinjay seperti sangat asing di telinga kita. Kata “Sinjay” sangat identik dengan bahasa india. Namun, Bebek Sinjay adalah kuliner asli dari pulau Madura. Warung Bebek Sinjay tidak pernah sepi pengunjung. Selalu saja ramai pengunjung dari berbagai daerah. Lokasi Bebek Sinjay sendiri terletak di jalan Raya Ketengan No. 45 Bangkalan Madura. Sangat mudah ditemui, jika anda melewati jembatan Suramadu tinggal lurus saja sampai ujung jalan ada pertigaan lalu belok kiri. Ikutilah jalan tersebut maka anda akan menemukan warung Bebek Sinjay. 

Sebetulnya masih banyak lagi destinasi wisata lainnya di suramadu dan malang, namun akan lebih mengesankan lagi jika saya yang langsung kesana. Merasakan, menikmati, dan selanjutnya menuliskan yang tentunya untuk dibagikan kepada masyarakat luas. Saya akan me-report semua perjalanan "jika seandainya punya kesempatan" kesana. tapi mudah-mudahan sesegera mungkin.Aamiin

BAGAIMANA CARA KE MALANG DAN SURAMADU
Sebenarnya ada banyak cara berlibur ke malang dan suramadu, baik dengan berpergian sendiri ataupun menggunakan jasa tour and travel. Namun kita sebagai masyarakat sekaligus rakyat terkadang menemukan bebarapa kendala dan kesulitan. Ada yang tidak, bahkan takut berpergian sendiri atau bahkan ada yang tidak bisa sama sekali walaupun menggunakan jasa karena besarnya tarif/biaya yang dibebankan.

Namun anda tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang ada TX TRAVEL, Sebuah layanan jasa perjalanan Tour and travel, pembuatan visa dan passport, cruises, reservasi hotel dan tiket pesawat, serta jasa ansuransi perjalanan bebasis "travel Franchise" pertama di Indonesia, yang melayani Sekaligus Membantu masalah perjalanan/rekreasi saya, anda dan kita semua dengan tarif yang cukup hemat yang tentunya berkualitas dan terpercaya.


Jadi  TX TRAVEL ini adalah sebuah layanan/jasa yang membatu kita menemukan harga terendah, terjangkau dan terhemat saat kita melakukan suatu perjalanan atau rekreasi. seperti, melakukan reservasi tiket pesawat dan hotel, membuat passport dan visa, membuat ansuransi perjalanan, cruises dan lebih kerennya lagi kita bisa memesan paket tour ke berbagai negara diseluruh penjuru dunia, baik melalui online maupun offline. Sekali Lagi, Masalah harga dan kualitas, tidak perlu dipertanyakan . Karena TX TRAVEL siap membantu kita untuk menemukan harga terhemat, berkualitas dan terpercaya. sesuai dengan taglinenya "Hadir untuk Melayani"...

Buruaaan Check tiket pesawat murah, Pesan hotel murah berkualitas, dan berbagai promo lainnya di TX TRAVEL.. >> http://www.txtravel.com << 


For More Information Please Visit TXTRAVEL In order that, remember to Follow Twitter @TX_TRAVEL and like Facebook Fan Page TX Travel Pusat.

Source image :
malang-guidance.
objektempatwisata
travelingneverdies
wisatadimalang
obyekwisataindonesia

No comments:

Post a Comment