Search This Blog

TURKEY - Pesona Kekayaan Sejarah dan Eksotisme Alam nya

Jalan2 ke Turkey, memang apa yg bagus disana ? Sering kita mendengar orang bertanya begitu.

Tapi tahukah kita bahwa Turkey memiliki tmpat2 wisata yg jauuuh lbh beragam daripada Yunani. Secara promosi memang Yunani lbh gencar, sehingga Yunani lbh banyak dikunjungi turis2 dari seluruh dunia.

Semua item wisata yg ada di Yunani, sebenar nya ada jg di Turkey. Kota purbakala Ephesus, dan Acropolis Pergamon yang terletak di puncak bukit dengan pilar2 nya yg sepintas mirip dgn Yunani, sangatlah indah dan terpelihara dgn baik.

10hr Turkey trip tidaklah membosankan. Selain mengunjungi kota tua Ephesus, juga ke kota Kusadasi tmpt Virgin Mary's house, Bunda Maria konon pernah tinggal disana.

Kota Pamukkale dengan keunikan bukit kapur (cotton castle) yg indah.

Kota Canakkale dimana cerita Troy bermula. Di kota ini produser Hollywood menghadiahkan patung Kuda Troy yang dipakai di film Troy dgn Brad Pitt sebagai peran utama nya. Patung kuda itu skrg ditaruh di taman kota pinggir pantai.

Kota pantai Izmir yang modern. Izmir bagi umat Nasrani dikenal sebagai Smirna, satu dari 7 gereja mula2 di Alkitab. 5 kota dari 7 greja mula2 ada di Turki, meski beberapa tinggal puing2 saja. Sisa 2 kota nya ada di Yunani.

Kota Capadocia yg memiliki Underground City, Goreme open Museum dgn gereja yg dikorek dlm bukit2 cadas, pemandangan batu2 eksotik, dan kita bs naik Air Balloon, nonton Belly dance yang aduhai..

Masih banyak tempat2 wisata lain nya sperti Konya, Ankara sebagai ibukota Turkey, dan tentu saja Istanbul kota bisnis terbesar di Turki,sangatlah eksotik, kota  pertemuan benua Asia dan Eropa.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa tempat2 wisata di Turkey tsb jauh2 jarak satu dgn yg lain. Kita seperti Tour de Java, membandingkan trip Turkey sperti kita memutari pulau Jawa dari Jakarta sampai ke Gn. Bromo, lalu kembali Jkt lagi. Kita harus bepergian 1/2hari di bus, baru sampai di tmpt wisata berikutnya, begitu terus.

Juga makanan turkey yang nasi putih nya tdk putih, karena dimasak dgn minyak zaitun, khas mereka. Memang menyehatkan, tp utk bbrp org sangat krusial, karena jadi ber'bau' nasi nya.

Selebih nya trip Turkey sangatlah menyenangkan. Penduduk nya sangat ramah, mski blom tentu bs berbahasa inggris. Turkey yang adalah negara muslim moderat, sehingga wanita2 nya jangan dibayangkan tertutup rapat hitam seluruh tubuh dgn cadar hitam seperti di Arab, malah wanita Turkey sangat modis, lalu lalang dengan sepatu high heel dan rok mini nya, ehm...

Note : TX Travel mempunyai Paket tour Lovely Turkey 10Day starting 16jutaan all in, berangkat setiap bulan.

Moses Heryanto
Tx Travel - Bogor

No comments:

Post a Comment