Search This Blog


Mungkin banyak yang tidak asing dengan nama Ephesus. Sebuah kota yang ada sekitar, pada jaman itu Ephesus memiliki populasi hingga 250rb, tepatnya pada abad pertama sebelum masehi. Pada era tersebut Ephesus merupakan kota terbesar di dataran Mediterrania. Yah kota ini memang sudah ada sejak sangat lama mulai dari kerjaan Roman, Yunani hingga dengan Byzantine. Dan kini lebih dari 50% kota ini masih berdiri tegap dan sangat indah sekali. Ephesus merupakan 7 Gereja di Asia yang tertulis di Kitab Perjanjian Baru. Di peta Turkey, Ephesus merubakan bagian dari propinsi Izmir.




Sebuah kota yang sangat kaya raya, ya karena memang jaman dahulu kota ini sangat diperebutkan karena memiliki lokasi yang sangat strategis. Kota ini juga terletak dekat dengan tempat yang dipercaya sebagai tempat peristirahatan terakhir Bunda Maria.
Rumah Bunda Maria

                                  
Banyak hal unik dan cantik yang bisa ditemukan. Antara lain kita bisa melihat patung dewi kemenangan yang menjadi merk sepatu yakni "Nike", gambar dewa pengirim pesan yakni "Hermes" dan simbol dewa kehidupan yang menjadi logo farmasi higga sekarang yakni cawan berisi air dan ular. Dan masih banyak lagi peninggalan-peninggalan yang menarik dan masih bisa terlihat utuh.
Gambar Nike "Dewi Kemenangan"
                                      


Tempat ini memiliki banyak cerita unik, antara lain:

  • Tempat ini salah 1 dari 7 keajaiban dunia, karena memiliki kuil untuk menyembah Artemis (dewa berburu)
  • Ephesus dibangun 4x dan yang dikunjungi ada lah Ephesus ke 3
  • Tempat ini terdapat toilet akan tetapi tidak ada sekat samping anatara satu dengan lainnya. Dan sebelum orang-orang kaya menggunakannya mereka akan menyuruh budak duduk dahulu untuk menghangatkan toilet :)
  • Gereja pertama yang dibangun untuk Bunda maria adalah Ephesus.
  • Santo Paulus lahir di Tarsus bagian tenggara Turkey dan pernah tinggal dan mengajar di Ephesus
  • dan lain-lain yang tidak mungkin diceritakan satu-per satu :)



Ada 2 bangunan yang sangat memukau yakni Grand Theater yang pernah dipakai konser Julio Iglesias. Bisa menampung hingga 24.000 orang. Sebanarnya maasih banyak Theater di Ephesus, akan tetapi yang terbesar adalah Grand theatre     

                                         
                                         
      

Yang satunya lagi adalah perpustakaan Ephesus yang sedikit diceritakan di atas, dan ternyata lucunya bahwa dulu perpustakaan ini memiliki akses bawah tanah (khusus) untuk menuju ke area prostitusi. Sehingga sangat lazim untuk cowok jaman dahulu sangat hobi ke perpustakaan. Perpustakaan di Ephesus ada lah perpustakaan terbesar ke-3 di dunia dan memiliki 12.000 buku (gulungan jaman dahulu)

Ephesus menggambarkan sebuah keagungan dan kekayaan sebuah kota jaman dahulu yang mana banyak sekali aktivitas yang pada jaman dahulu terjadi di sana. Mulai dari pasar, tempat beribadah, toliet pada jaman dahulu, rumah orang kaya, perpustakaan, dan lain-lain sehingga pada saat di sana kita diajak berimajinasi dengan sangat luar biasa tentang kehidupan masyarakat mada masa itu. Sungguh pengalaman yang tak bisa terlupakan..

                                      

No comments:

Post a Comment