Search This Blog

Thailand: Negeri Gajah yang Mulai Tersohor

Mungkin banyak dari anda telah mengujungi negara ini, Mungkin sebagian dari anda ingin mengunjungi negara ini. Ya, Thailand adalah sebuah Negara gajah yang secara tiba-tiba meledak di Indonesia. Hampir setiap hari mungkin tidak kurang dari 100 orang Indonesia mengujungi negara tersebut. Luar biasa mengagumkan. Beberapa waktu lalu saya menyempatkan ke Negara tersebut untuk berjalan-jalan, setelah lebih dari 5 tahun saya tidak mengunjungi negara ini. Saat ini banyak sekali pesawat yang terbang dari Surabaya maupun Jakarta menuju ke Bangkok. Karena semakin banyaknya persaingan tersebut memaksa para perusahaan penerbangan menurunkan harganya sehingga harganya bisa dikatakan relatif sangat murah bila dibandingkan ke rute lainnya.

Ketika kita berbicara Thailand, tentu yang terbesit dalam benak anda semua adalah Bangkok dan Pattaya. Ya mungkin sebagian dari anda langsung teringat akan kata “Shopping”. Hehe.. Walaupun bisa dikatakan Thailand selain Bangkok dan Pattaya masih banyak tempat lain yang menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah Phuket. Beberapa tahun lalu mungkin sekitar 5-6 tahun lalu. Bisa dikatakan hanya sebagian kecil dari orang Indonesia melirik Thailand sebagai tujuan wisata, dikarenakan jarak penerbanyan yang cukup jauh sekitar 4 jam dan juga dulu belum ada penerbangan langsung menuju ke Bangkok, adapun sangat jarang.

Saya masih ingat betul pertama kali saya menyentuh kota Bangkok, airport terbarunya yakni Svarnabumi baru saja jadi dan masih terlihat sangat megah, futuristis dan besar sekali. Sangat mengaggumkan, akan tetapi saat ini ada beberapa airlines yang mendaratkan pesawatnya di bandara lama yakni Don Mueang yang mana terkesan kecil, kuno dan tidak menarik. Setibanya di Bangkok. Hari sudah malam, jam sudah menunjukkan pukul 8 malam. Begitu perjalanan ke kota, saya tersenyum dalam hati wah masih persis seperti dulu. Banyak bangunan tinggi, kemacetan di mana-mana dan kabel listrik yang kacau (untel-untelan istilah Surabaya-nya). Lalu terbesit dalam pemikiran “Apa yang buat Bangkok Pattaya masih menarik hingga saat ini?” Pada kali ini saya tidak akan begitu menceritakan perjalanan saya, tapi saya akan lebih banyak bercerita tentang seperti apakah Bangkok Pattaya.

Thailand masuk dalan negara IndoChina yang mana  mungkin anda baru mengetahui bahwa IndoChina diambil dari India dan China. Yang mana kebanyakn dari mereka campuran antara orang China dan India. IndoChina sendiri meliputi Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam dan Thailand. Thailand memiliki ibukota Bangkok. Yang mana Bangkok merupakan nama internasional dan sebenarnya kota ini pemilik rekor Guiness World book Record dengan nama kota terpanjang di dunia yakni “Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.” Bangkok sendiri sudah lama sekali menjadi sebuah kota Metropolitan Banyak sekali tempat Shopping mall, Hotel berbintang hingga gedung-gedung perkantoran. Mereka juga memiliki kereta sebagai transportasi dalam kota yang disebut BTS. Hal yang membedakan saat saya mengunjungi Bangkok yang sekarang adalah sudah sebagian besar dari mereka bisa berbicara bahasa Inggris.

Bangkok sendiri menjadi salah satu tujuan utama turis Indonesia untuk berbelanja. Daya tarik kota ini sebagai kota belanja membuat industri pariwisatanya berkembang dengan sangat luar biasa cepatnya. Walaupun kalau dibilang Mall-Mall yang saat ini menjadi terkenal sudah ada sejak lebih dari 5 tahun lalu. Banyak sekali Mall yang ditawarkan mulai dari MBK (MahBoonKrong), Platinum Mall, Siam paragon, Siam Discovery dan shooping mall lainnya yang tidak mungkin disebutkan semuanya. Hehe.. 1 yang sangat populer bagi turis Indonesia adalah Platinum Mall, tempat ini merupakan sebuah tempat perbelanjaan yang menawarkan konsep fashion. Sehingga barang-barang yang ditawarkan semuanya fokus tertuju pada bidang fashion.  Sedangkan MBK lebih mengarah pada general atau serba ada. Sedangkan Siam Discovery dan Siam Paragon lebih pada barang-barang bermerk. Sehingga anda dapat mengetahui mall mana yang manda tuju untuk mendapatkan barang yang anda cari. Selain mall yang saya sebutkan di atas, apabila anda berada di kota Bangkok pada hari Sabtu dan minggu, mungkin anda bisa mencoba untuk mengunjungi Chatuchak. Sebuah pasar berbelanja yang hanya buka pada weekend yang selalu sangat ramai dengan turis menawarkan barang yang terjangkau dengan kualitas yang tidak jelek. Sehingga membuat penggila shopping bisa menghabiskan waktu seharian di tempat ini. Selain shopping anda juga bisa menikmati museum patung lilin Madame Tussaud yang terletak di Siam Discover

Satu hal menarik yang saya catat dari kota Bangkok adalah di mana mereka melakukan pembangunan yang sangat cepat dan luar biasa. Akan tetapi semuanya dilakukan tanpa mengganggu estetika bangunan-bangunan peninggalan sejarah. Hal ini adalah hal yang tidak diperhatikan oleh pemerintah di Indonesia. Hal seperti ini yang membuat kota Bangkok nampak lebih cantik. Di kota Bangkok sendiri cukup banyak objek wisata yang bisa dikunjungi antara lain:
-       
           -Wat arun dan Chao Praya: Sebuah Kuil dengan arsitektur yang sangat indah terletak di tengah kota Bangkok dan dilindungi oleh Sungai. Menurut pemikiran saya bahwa Sungai Chao Praya untuk melindungi Wat Arun itu sendiri. Apabila kita naik hingga ke puncak Wat Arun kita dapat melihat kota Bangkok di sekeliling kita.



-                           - Wat Pho: Merupakan sebuah kuil Budha yang di dalamnya terdapat sebuah Budha raksasa yang sedang tertidur dengan tinggi 15 meter dan panjang 43 meter. Membuatnya sebagai sebuah daya tarik luar biasa sehingga turis yang beragama Budha maupun tidak akan tertarik untuk mengambil gambar.

                         -Grand Palace: Sebuah istana raja yang mana pembangunannya sudah dilakukan sejak 1782 hingga terakhir dipakai pada tahun 1925 sebagai tempat tinggal. Dan saat ini tempat ini dipakai untuk turis dan beberapa acara khusus untuk tamu negara.


Wisata Kuliner di Bangkok sendiri sangat menarik bagi saya, selain memang masakan Thailand yang sesuai dengan selera atau lidah Indonesia, juga ada beberapa makanan yang kita tidak temui di indonesia sebagai contoh adalah di McDonald anda bisa temui burger dengan (maaf) daging babi dengan nama Prok Samurai burger. Selain itu di kaki lima anda bisa temui makanan pencuci mulut mangga dengan beras ketat yang menarik dan enak.

Yang mau saya garis bawahi dari Bangkok yakni Asiatique. Sebuha tempat wisata baru yang kini menjadi sangat populer. walau memang tempatnya agak jauh dari keramaian tapi tempat ini memang wajib untuk dikunjungi. Sebuah tempat yang dibangun di dekat sungai Chao Praya. Konon area ini menjadi area yang sibuk pada jaman dulu karena mempunyai lokasi di pinggir sungai. Tempat ini menawarkan keramaian yang luar biasa. Berisikan toko, cafe, restoran dan bar-bar sehingga tempat ini hanya buka mulai pukul 5 sore hingga tengah malam. Jika anda mengunjungi kota Bangkok sempatkanlah mengunjungi tempat ini paling tidak untuk berfoto dengan latar belakang bergaya Eropa.






Dari bangkok perjalanan sekitar 2 jam menuju ke arah selatan kita akan sampai di sebuah kota pantai Pattaya. Pattaya merupakan sebuah kota yang unik. Yang mana kota ini terbangun dan terkenal dengan sebuah image (gambaran) yang unik dan berbeda. Pattaya bisa saja disebut dengan kota dosa. Antara lain dikarenakan banyaknya (maaf) prostitusi di kota ini dan karena sangat banyak hingga sangat mudah ditemukan di area pantai. Pantai Pattaya sendiri tidak begitu besar dan menarik dan memang kota Pattaya juga relatif kecil. Tetapi untuk kehidupan malam dan pemenuhan kebutuhan para pencinta  gaya hidup modern sangat luar biasa di sini, yang menjadikan sebuah daya tarik tersendiri bagi Pattaya.

Kehidupan dunia malam di Pattaya sudah lama menjadi buah bibir banyak orang di seluruh dunia. Gemerlap kota di malam hari menjadikan Pattaya nampak lebih sibuk dibandingkan siang hari. 1 Hal yang sangat terkenal dari Pattaya sendiri adalah tentang banci. Bahkan di kota ini terdapat 2 show Banci yakni Tiffany dan Alcazar yang mana apabila anda ingin sekedar menonton show banci lebih baik anda menonton Alcazar. Karena selain harga murah tarian, desain panggung, lightning dan bancinyapun bagus atau tidak jelek. Selain itu juga terdapat tempat jalan-jalan di malam hari disebut Mimosa sebuah area yang menyerupai pasar malam dengan gaya barat menawarkan sebuah keramaian di malam hari kota Pattaya. Di sana anda bisa temukan banyak toko, cafe hingga bar.

Di siang hari sendiri banyak atraksi dan tempat wisata yang bisa dikunjungi di Pattaya. Antara lain:
-                          -Sriraccha Tiger Zoo: di sini terdapat hal yang unik yakni induk babi yang menyusui anak harimau. Selain itu kita juga bisa melihat crocodile show. Sebuah pertunjukan menegangkan dengan memasukkan kepala ke dalam mulut buaya.

-                -Noongnoch Village: Sebuah taman budaya yang menampilkan kecantikan bunga dan di sini anda dapat melihat kesenian tarian tradisional Thailand seperti Muay Thai. Selain itu anda bisa melihat pertunjukkan gajah yang lucu dan menarik.
-       
          -Floating Market: Salah satu hal yang sangat terkenal di Pattaya. Sebuah kekhasan dari Negeri Gajah Thailand yakni pasar terapung. Di pasar terapung banyak sekali yang dijual. Tidak hanya buah-buahan ada beberapa dari mereka juga menjual baju, makanan hingga aksesoris.











           - Supatra land: Menurut saya ini tempat yang sangat menarik. Supatra land merupakan sebuah kebun untuk buah-buahan tropis. Anda cukup membayar sekitar 400 Baht, anda bisa menikmati buah-buahan sesuka anda dan variasinya sangat banyak antara lain yang sangat terkenal yakni durian. 

     Ada hal yang cukup serupa dengan Asiatique di Bangkok akan tetapi kali ini letaknya di Pattaya. Namnya adalah Mimosa, akan tetapi wilayahnya relatif lebih kecil. Tempat ini menawarkan keramaian yang juga asik untuk dikunjungi dan juga menawarkan pemandangan bergaya barat. Sehingga tidak sedikit turis datang ke tempat ini untuk berfoto atau makan.

No comments:

Post a Comment