Search This Blog

Travelling Tips... Penting untuk Berlibur

Kali ini saya tidak menceritakan tentang suatu negara. Melainkan saya ingin memberikan Tips kepada anda untuk menyamankan perjalanan wisata anda. Awalnya saya akan memberikan reminder atau pengingat barang umum yang dibawa untuk kegiatan packing:
1. Pakaian pergi atau tidur, serta *maaf* pakaian dalam hehehe...
2. Peralatan Mandi
3. Sepatu atau alas kaki
4. Charger
5. Passport, KTP atau tanda pengenal lainnya
6. Ticket dan Voucher penginapan
7. Copy dokumen-dokumen anda
8. Dompet dengan kartu kredit secukupnya
9. Kamera
10. Obat-obatan untuk penyakit khusus

Mungkin anda bisa mengcopy lalu menyimpan dalam catatan anda agar setiap kali anda ingin berwisata dapat mengeluarkannya dan mencentang yang telah anda persiapkan agar tidak ada yang tertinggal. Selanjutnya saya akan memberikan beberapa tips selama berwisata. Karena tidak jarang orang datang kepada saya lalu mengeluh banyak yang terjadi dalam perjalanan wisata.

1. Persiapkan copy passport, tiket, visa dan dokumen lainnya. Selalu menyimpan copy dari dokumen anda dalam 2 bentuk yang pertama adalah hard copy (kertas) dan soft sopy (disimpan di email). Hal ini akan sangat berguna jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada anda misalkan anda perlu mendaftarkan rumah sakit atau anda kehilangan passport.

2. Jangan membawa pakaian yang tidak pernah anda gunakan. Jangan pernah membawa baju, celana atau sepatu yang tidak pernah anda pakai sebelumnya. Hal ini dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman terlebih lagi untuk sepatu dapat menyebabkan nyeri atau bahkan luka pada kaki anda.

3. Jangan meletakkan tas atau dompet serta barang berharga lainnya di luar jangkauan mata.  Seringkali saya melihat banyak turis terlebih lagi orang Indonesia meletakkan tas di belakang sandaran kursi atau samping kursi saat duduk. Memang hal ini membuat anda lebih leluasa, akan tetapi apa yang anda lakukan membuat barang berharga anda dengan mudahnya diambil oleh orang lain. Ingat tidak ada satu negarapun yang 100% aman atau tidak ada pencurian.

4. Jangan terlalu percaya pada penduduk lokal jika anda tidak mengenalnya.Terkadang orang sering disambut baik oleh orang asing di tengah jalan yang mana membuat turis merasa senang. jangan terlalu percaya hal seperti ini, karena kadang beberapa dari mereka malah berniat jahat kepada anda.

5. Bersikaplah sopan dan jangan memandang negatif penduduk lokal. Sering saya melihat orang yang datang ke suatu negara bersikap sangat sombong dan tidak bersahabat dengan penduduk lokal. Hal ini dapat menyinggung perasaan orang lokal. Ingatlah mungkin kita memerlukan bantuan orang lokal dalam perjalanan wisata kita.

6. Melipat baju dengan teknik roll. Ini merupakan sebuah teknik melipat baju yang sangat menarik dengan menggulung baju yang telah dilipat terlebih dahulu. Teknik melipat baju dapat membuat baju tidak terlihat terlipat dan juga dapat memberikan ruang lebih pada bagasi anda. Silahkan Mencoba....

7. Membagi pakaian di beberapa tempat. Jika anda berpergian dengan teman atau keluarga. Cobalah teknik ini. Dengan membagi pakaian di beberapa koper. Misalkan anda pergi dengan pasangan anda. Bagilah menjadi 2 bagian baju yang mana 1 di bagasi anda dan 1 di bagasi pasangan anda. Hal ini berguna apabila bagasi salah satu hilang anda masih mempunyai cadangan pakaian.

8. Selalu membawa peta atau petunjuk jalan. Selalu membawa peta dalam bentuk hard copy atau kertas. Hal ini sangat berguna terlebih lagi bagi anda yang berwisata sendiri tanpa mengikuti program tour. Karena ketika anda ingin bertanya jalan peta merupakan sebuah gambar yang mampu membantu anda berkomunikasi.

9. Makanlah di tempat orang lokal makan. Makan di restoran lokal dapat bermanfaat dalam beberapa hal. Salah satunya adalah menghemat uang anda. hehehe... Selain itu bila anda memerlukan bantuan seperti arah ajaln atau apapun itu anda dapat menanyakan pada pemilik restoran atau pengunjung retoran.

10. Mengetahui letak kedutaan. Anda dapat mencari tahu letak kedutaan besar Indonesia di negara yang Ingin anda tuju melalui internet. hal ini akan sangat membantu apabila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada anda. Misalkan saja kehilangan passport.

11. Mempelajari geografis serta cuaca atau iklim. Sebenarnya yang perlu diperhatikan adalah dasar dari geografis tempat tujuan. Karena akan mepnegaruhi kebutuhan yang anda bawa. Terlebih lagi untuk maslah cuaca dan iklim. jangan sampai anda membawa jaket tebal di musim panas. hehehe...

12. Mempelajari apa yang baiknya dilakukan apa yang tidak. Mencari tau tentang kebudayaan setiap negara sangat penting untuk dilakukan. misalkan saja ada di suatu negara mengacungkan tanda peace (mengangkat jari telunjuk dan jari tengah) dengan telapak tangan menghadap ke arah kita memiliki arti yang buruk di suatu negara. Serta beberapa negara memiliki tingkat kesopanan yang lebih.

13. Cobalah untuk membeli asuransi wisata. Asuransi wisata cukup berguna untuk melindungi kita selama perjalanan. Ketika anda berkunjung ke beberapa negara memang sudah diharuskan untuk memiliki asuransi wisata. Turis Indonesia memang belum begitu memperhatikan masalah asuransi perjalanan wisata.

14. Mempelajari bahasa lokal. Mempelajari bahasa lokal dasar untuk berkomunikasi cukup berguna terlebih lagi hal ini dapat menunjukkan rasa ketertarikan dan hormat kita terhadap penduduk lokal dengan mencoba menggunakan bahasa yang mereka miliki. Bahasa yang dapat dipelajari misalnya penucapan salam, ucapan terima kasih angka dan lain-lain.

15. Pelajari banyak hal sebelum meninggalkan bandara. Ketika anda tiba di bandara carilah informasi selengkap-lengkapnya tentang tempat anda berada. Bandara merupakan pusat dari banyak informasi. Anda dapat memperoleh brosur, peta dan terlebih lagi sebagian besar orang yang bekerja di bandara pasti dapat berkomunikasi dengan bahasa inggris atau bahasa internasional.

No comments:

Post a Comment